Mungkin 5 alasan ini yang membuat anda tetap kurus - Kuy Kabarin

Breaking

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Post Top Ad

Responsive Ads Here

Sabtu, 20 Januari 2018

Mungkin 5 alasan ini yang membuat anda tetap kurus

Jakarta - Selain diet, olahraga, dan genetik, beberapa studi melihat ada faktor lain yang bisa membuat seseorang tetap kurus. Hal ini mungkin menjelaskan mengapa ada orang yang sepertinya lebih mudah menjaga berat badan dibandingkan orang lain.
foto:pinterest

Sebut saja seperti tinggal di perkotaan, dekat dengan gym, hingga gemar makan pedas. Peneliti melihat ada hal-hal yang mungkin sebelumnya tak kita sadari secara tidak langsung memengaruhi gaya hidup dan berdampak pada berat badan.
Dikutip dari CNN pada Kamis (18/1), begini penjelasannya:

Tinggal dekat gym
Studi yang dipublikasi di jurnal Lancet Public Health menemukan orang-orang yang tinggal sekitar satu kilometer dari pusat kebugaran (gym, kolam renang, atau lapangan bermain) bisa memiiki rata-rata lingkar pinggang dan berat badan yang lebih rendah dibandingkan orang lain.
Sementara itu orang-orang yang tinggal dekat dengan restoran cepat saji bisa memiliki rata-rata lingkar pinggang dan berat badan lebih besar dibandingkan orang lain.
Studi bersifat observasional sehingga tidak dapat membuktikan hubungan sebab-akibat. Namun demikian peneliti menyebut hasil studi tetap bisa memberi petunjuk bagaimana desain lingkungan tempat tinggal bisa berdampak pada berat badan.

Tidak bisa diam
Pernah melihat orang yang tidak bisa diam seperti menggerakkan kaki atau memainkan pensil dengan tangan saat duduk? Nah orang-orang yang punya kebiasaan seperti ini menurut studi juga bisa lebih mudah menjaga berat badannya.
Alasannya karena menurut peneliti segala aktivitas fisik dapat berkontribusi terhadap pembakaran ekstra kalori.

Gemar makanan pedas
Beberapa studi melihat kemungkinan ada kaitan antara konsumsi makanan pedas dengan berat badan. Ini karena senyawa capsaicin dalam cabai diperhatikan bekerja di dalam tubuh membantu penurunan berat badan.
Sebagai contoh ada studi yang menyebut capsaicin dapat merangsang pelepasan energi dengan membakar kalori tiga persen lebih banyak. Senyawa ini juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membakar lemak dengan lebih cepat dan mencegah penimbunan lemak penyebab kegemukan.
Capsaicin juga disebut memengaruhi produksi hormon tiroid yang mengendalikan adrenalin dan dopamin, yaitu hormon yang mengatur nafsu makan.

Tinggal di tempat tinggi
Studi tahun 2013 di International Journal of Obesity menemukan orang-orang yang tinggal di dataran tinggi bisa memiliki berat badan lebih rendah di bandingkan mereka yang tinggal di dataran rendah.
Hal ini terjadi kemungkinan karena di dataran tinggi tingkat oksigennya lebih tinggi sehingga metabolisme tubuh bisa jadi lebih aktif.

Tinggal di kota besar
Studi yang sama juga melihat bahwa orang-orang yang tinggal di kota besar (penduduk lebih dari satu juta) punya risiko lebih rendah terhadap obesitas. Menurut peneliti ini terjadi kemungkinan karena di kota ketersediaan makanan dan fasilitas olahraga yang lebih baik.
Namun demikian hal sebaliknya bisa terjadi kalau suatu kota lebih banyak memiliki restoran cepat saji, minim ruang terbuka, dan banyak iklan makanan tidak sehat.

sumber: detik


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Bottom Ad

Responsive Ads Here